UAN hahaha

Ehm… cek… kali ini saya akan menulis tentang pengalaman saya menghadapi UAN tahun saya 2008. tau ga knapa kok tentang itu??(gat tau..??) mau tau ga?? Ya udah deh lok maksa tak kasih tahu(tanpa tempe).

jawabannya ya karena UAN mau dateng.. eh, enggak ding.. udah mau mendekati “hari-H

UAN adalah Ujian Akhir Nasional (ya ampun.. klo cuman gitu aja anak2 TK juga tau kale..!!). santai,,, baru introduction. Mau ga mau, siap ga siap pasti dateng juga. Jadi ya harus siap. Siap apa mas?? Siap materi, siap Mental juga..

Ini ada beberapa petuah ga penting dari saya…

Usahakan 3 bulan sebelum UAN tuh udah punya gambaran ttg UAN (ga perlu dilukis). Maksudnya biar ga keteteran, udah harus belajar yang tekun. Jadi waktu mendekati UAN ga ngerasa “aduh…Q kok kayaknya kurang Ilmu tuk menghadapi UAN?” ga mau kan gitu? Trus gara2 itu juga belajarnya ngebut deh. Yang penting blajar itu rutin dan sunguh-sungguh. “Belajar itu bukan berapa lama waktu yang dibutuhkan, tapi seberapa dalam kamu memahaminya”

Next is banyak ngerjain soal UAN tahun –tahun sebelumnya. Peting tuh buat “mapping”. Jadi kamu belajar yang buat UAN aja, jangan yang diluar pembahasan UAN juga dipelajari. Misal kamu mempelajari ttg sastra nuklir (malah gad a hubungannya ma UAN kan?? Banyak ngerjain soal n jangan lupa dibahas biar ngerti ttg bagian mana kamu salah dan bisa memperbaikinya.

jangan meremehkan pelajaran. Inget loh BENTAR LAGI udah UAN. Mumpung masih bisa Tanya ma guru, Tanya aja bagian yang ga kamu ngerti. Malu bertanya ntar jadi malu-maluin.

Kembangin system MLT (Multi Level Teaching). Jadi kamu ngadain belajar bersama usai pulang skul. Yang dibahas yang akan diujikan di UAN aja. Ntar yang ngajar tuh temen kita sendiri or guru yang ngerti ttg bab yang akan dibahas dikelas. Intinya tuh yang pinter ngajarin yang kurang pinter. Kadang kan kita canggung lok tanya ma guru, n mungkin klo ma temen ga malu.

Jangan ada yang egois. Klo kamu udah ngerti pelajaran, kamu musti ngajarin ke temen yang membutuhkan (jangan nyumbang sembako). Klo berbagi ilmu tuh ga rugi kok, yang ada malah kita tambah ilmu. Coba aja deh.

Soal mental tu juga perlu loh. Klo kita merasa siap, mental kita pasti ga “down” waktu UAN. Tau ga? Kadang dari temen kita ada yang ngerasa siap tapi waktu UAN mendadak gugup. Itu udah biasa kok. Relax, ambil waktu sebentar buat refreshing (di tempat aja, jangan ke pantai dulu). Baru kerajain soal yang mudah2 dulu. N ditargetin minimal 60% yakin beneer… klo Q dulu cuman target 50%. Huehehehe…

Jangan lupa juga selalu berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena manusia boleh berbuat tapi Tuhan yang memutuskan. Jangan pesimis dulu, so kamu harus optimis lulus. Gitu coy…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s